Buruk Rupa Cermin Pun Dibelah

Mature man's hands clasped in front of face, woman leaning over (B&W)-834375

Pernahkan kita menghadapi suatu kondisi yang sangat tidak mengenakkan kita, kondisi tersebut kemudian membuat kita jatuh terpuruk? Pada titik itu kita merasa dunia seakan memusuhi kita, seakan hidup ini tidak ada artinya lagi. Kita kemudian menyalahkan keadaan, lingkungan sekitar, orang lain yang membuat diri kita hancur, bahkan marah pada Tuhan yang tidak mendengarkan kita.

“Ah kenapa orang ini selalu membuatku sial!”

“Teman kerjaku itu kerjanya buruk, cuma menghambat aku saja.”

“Istriku itu cuma menghambur-hamburkan uang saja, aku yang susah-susah kerja.”

“Kenapa Tuhan engkau diam saja, doaku tidak pernah kau kabulkan?”

Keluhan demi keluhan terus muncul setiap kali terjadi sesuatu yang buruk. Tapi sebelum menyalahkan keadaan diluar kita, cobalah untuk duduk sejenak untuk merefleksikan diri. Apakah benar semua kondisi buruk yang menimpa kita saat ini karena kesalahan orang lain apakah justru karena sikap kita sendiri.

Bisa jadi karena sikap permisif kita membuat orang lain jadi menindas kita. Bisa jadi karena kekurang lancaran komunikasi kita dengan rekan kerja membuat pekerjaan jadi terhambat. Bisa jadi karena kita tidak yang tidak mendidik istri dengan baik menjadikan istri kita jadi boros. Bisa jadi karena usaha kita yang kurang keras dan cerdas membuat doa kita belum terkabul, Tuhan itu Maha Baik. Seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.

Dengarlah peribahasa “Buruk rupa cermin pun dibelah” Menyalahkan keadaan buruk kepada orang lain, padahal itu akibat dari perbuatannya sendiri. Cermin adalah sebuah benda yang menampilkan benda dihadapannya persis seperti aslinya, paling jujur dan tidak ada yang ditutupi. Bisa jadi keadaan kita sekarang adalah cerminan perbuatan kita sendiri saat ini.

Janganlah karena kesalahan sendiri, orang lain dipersalahkan. Salam dan mohon maaf bila ada kesalahan. :)

Follow saya di twitter @Khoyrulfauzan

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s